Perilaku Konsumen IPB dengan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc

Tuesday 9 September 2014

Agum Aditama
Departemen Ilmu Komputer,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Institut Pertanian Bogor.













Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 Sep 2014 - Jan 2015
Department of Family and Consumer Science, College of Human
Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen :
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
















Catatan Kuliah Pertama


    Pernahkah anda melihat buku diatas ? atau paling tidak melihat cover buku diatas ? jika iya maka yang pertama kali ada dibenak kita adalah kata-kata konsumen, dalam buku ini dibahas bagaimana proses pengambilan keputusan dalam memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang dan jasa. Definisi perilaku konsumen sendiri yaitu semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis pada saat sebelum membeli, ketika membeli, dan menghabiskan produk / jasa.
   Konsumen dibedakan atas 2 jenis, yaitu : konsumen individu dan konsumen organisasi, namun dalam mata kuliah Perilaku Konsumen serta buku ini lebih banyak dibahas mengenai konsumen secara individu.
    Satu kata yang terkait konsumen adalah uang, uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum, keberadaan uang merupakan alternatif transaksi yang lebih mudah dari pada barter yang lebih kompleks, rumit, serta tidak efisien. Suatu barang berfungsi sebagai mata uang apabila memenuhi syarat sebagai berikut (Boma Rinaldy Sangaji, 2011) :
  •  Dapat diterima oleh siapapun
  • Tahan lama
  • Mudah disimpan
  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil tanpa mengurangi nilainya
  • Jumlahnya terbatas
  • Nilainya tetap
    Setiap negara memiliki mata uang sendiri-sendiri. Di Indonesia sendiri mata uang yang digunakan adalah Rupiah (Rp).  Rupiah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu logam dan kertas,  saat ini nominal terbesar dari Rupiah adalah Rp 100.000 (Seratus Ribu Rupiah). Berbicara tentang uang Rp 100.000 keluaran tahun 2004 didalamnya terdapat gambar sebuah rumah, tahukah kamu bahwa rumah tersebut adalah rumah yang digunakan oleh Presiden Soekarno saat membacakan Proklamasi Republik Indonesia.


0 komentar:

Post a Comment

 
Agum Aditama © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions