Agum Aditama
Departemen Ilmu Komputer,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Institut Pertanian Bogor.
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 Sep 2014 - Jan 2015
Department of Family and Consumer Science, College of Human
Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen :
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book :
Ujang Sumarwan. 2011.
Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama
Pernahkah anda melihat buku diatas ? atau paling tidak melihat cover buku diatas ? jika iya maka yang pertama kali ada dibenak kita adalah kata-kata konsumen, dalam buku ini dibahas bagaimana proses pengambilan keputusan dalam memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang dan jasa. Definisi perilaku konsumen sendiri yaitu semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis pada saat sebelum membeli, ketika membeli, dan menghabiskan produk / jasa.
Konsumen dibedakan atas 2 jenis, yaitu : konsumen individu dan konsumen organisasi, namun dalam mata kuliah Perilaku Konsumen serta buku ini lebih banyak dibahas mengenai konsumen secara individu.
Satu kata yang terkait konsumen adalah uang, uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum, keberadaan uang merupakan alternatif transaksi yang lebih mudah dari pada barter yang lebih kompleks, rumit, serta tidak efisien. Suatu barang berfungsi sebagai mata uang apabila memenuhi syarat sebagai berikut ( ) :
Konsumen dibedakan atas 2 jenis, yaitu : konsumen individu dan konsumen organisasi, namun dalam mata kuliah Perilaku Konsumen serta buku ini lebih banyak dibahas mengenai konsumen secara individu.
Satu kata yang terkait konsumen adalah uang, uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum, keberadaan uang merupakan alternatif transaksi yang lebih mudah dari pada barter yang lebih kompleks, rumit, serta tidak efisien. Suatu barang berfungsi sebagai mata uang apabila memenuhi syarat sebagai berikut ( ) :
- Dapat diterima oleh siapapun
- Tahan lama
- Mudah disimpan
- Mudah dibawa kemana-mana
- Dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil tanpa mengurangi nilainya
- Jumlahnya terbatas
- Nilainya tetap
0 komentar:
Post a Comment